Minggu, 12 April 2015

Skuter Matic Canggih Ala HONDA

Pada era modern seperti sekarang ini, semua serba canggih. Misalnya nih, handphone. Dulu digunakan hanya sebatas untuk berkomunikasi jarak jauh, via suara atau pesan singkat (sms). Sekarang lebih dari itu. Bisa share foto, video, ngobrol sama orang beda pulau sambil tatap-tatapan, dan masih banyak lagi. Bahkan elo bisa curhat sama handphone—yang adalah benda mati.

Iya, curhat sama SimSimi yang bisa bikin cepat ubanan itu.

Tak mau kalah dengan produsen handphone, kini produsen kendaraan yang sudah melanglang buana di dunia persepedamotoran, HONDA, menciptakan skuter matic canggih. Dengan tagline Teknologi Pintar Yang Mengerti Kebutuhan Anda”

Saking pengertiannya inih motor, pas lampu merah aja bisa berhenti sendiri. Penasarankan kenapa bisa begitu? Yuk, temukan jawabannya bersama gue disini. Siapa tau kita cocok *eh.

Wait! HONDA itu merk kendaraan yang ternama itu kan, Mie?

Yes, all right. Om Wiki (Wikipedia) bilang HONDA adalah produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuter asal Jepang yang didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda. For your information aja nih, HONDA merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959. Hebat banget nggak tuh!

Kalau masih penasaran coba aja tanya-tanya lagi sama Om Wiki disini

Oke.. Lanjuuut…

Tahun 2015 ini HONDA kembali melebarkan sayapnya untuk terbang lebih tinggi lagi lewat skuter matic dengan teknologi pintar yang mengerti kebutuhan kita, para pengendara roda dua. Bahasa gaulnya Honda Smart Technology

Dengan Honda Smart Technology ini, Om - Om penerus Kakek Soichiro Honda percaya bahwa kita layak mendapatkan lebih dari sekedar sepeda motor. Oleh sebab itu diciptakanlah Skuter Matic Honda dengan kombinasi teknologi pintar dan fitur canggih yang memudahkan mulai dari sebelum berkendara hingga tiba ke tempat tujuan dengan penuh senyuman.

Apalagi kalau sambil boncengin gebetan. Beh.. seminggu nggak berhenti senyum deh.

Jadi, apa aja sih yang di suguhkan Om - Om penerus Kakek Soichiro Honda pada skuter matic dengan Smart Technology?

Nah, good question. Baru aja gue mau ngejelasin soal ini. Tapi, tunggu bentar ya. Gue mau beli buah-buahan dulu buat cemilan teman-teman arisan Ibu. Tenang aja, nggak lama kok, kan pake skuter matic Honda Smart Technology. Ahzek..

*15 menit kemudian*

So, this is it…

Honda Smart Technology

Ada 6 fitur canggih yang disuguhkan. Keenam fitur itu adalah Enhanced Smart Power (eSP), Programmed Fuel Injection, Combi Brake System, Idling Stop System, Answer Back System, dan LED Headlight.

Woah! Kedengarannya keren. Apa saja maksud dari fitur-fitur tersebut, Mie?

Bukan “kedengarannya” lagi, tapi memang paling keren. Santai… santai… seperti janji gue di atas, gue akan jelasin semuanya, satu persatu. Kan siapa tau kita cocok *eh.

Langsung aja…

Pertama: Enhanced Smart Power (eSP)
 
Ini nih mesinnya

eSP adalah teknologi mesin terbaru inovasi Honda yang diterapkan secara global, gaes. Tentunya melalui aplikasi teknologi mutakhir dan ACG Starter, dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Nah, sekarang ayo kita berhitung.

Enhanced Smart Power (eSP)
Enhanced = Peningkatan, Smart = Pintar/Cerdas, Power = Daya/Kekuatan.
Enhanced + Smart + Power = Peningkatan + Pintar/Cerdas + Daya/Kekuatan
Jadi, Enhanced Smart Power ini kurang lebih artinya sama dengan “Peningkatan daya tahan, halus serta lebih bertenaga”.  

Maksudnya bunyi mesinnya halus? Kok bisa?  

Ya, tentu aja bisa karena ACG STARTER, sistem pintar mini gesekan yang menggabungkan kerja starter dan generator secara bersamaan, sehingga bunyi saat menghidupkan mesin lebih halus. Motor berisik? Say good bye~~


kalau ini yang bikin suara motor jadi halus

Kedua: Programmed Fuel Injection
 
Teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan. Sistem injeksi ini mengandalkan peran berbagai komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat kontrol mesin EMC (Engine Control Module), yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan emisi yang ramah lingkungan.

Mekanisme kerja PGM-FI

Jadi, pembakaran dapat berlangsung secara optimal dengan emisi gas buang rendah. Dan yang pasti lebih irit, bertenaga, dan ramah lingkungan. For your information lagi nih, motor injeksi Honda merupakan motor Injeksi super irit No. 1 di Indonesia dengan persentase 30% lebih irit. Nggak percaya? Coba buktikan aja sendiri disini

Ketiga: Combi Brake System

Ini tuas rem kiri ya.

Teknologi canggih yang membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal, memungkinkan kemudahan pengoperasian rem dengan menarik tuas rem kiri, rem depan dan rem belakang dapat berfungsi dengan tepat. So, nggak perlu ribet menarik tuas rem kanan. Cukup tuas rem kiri aja yang ditarik. Tangan kanannya tetep fokus ngegaaaasssss.
 
Keempat: Idling Stop System

Idling Stop System

Fitur Premium kelas dunia untuk efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik. Jadi begini, gaes. Setelah berhenti lebih dari 3 detik, mesin akan otomatis mati. Dan mesin otomatis menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi ini membantu mencegah bahan bakar terbuang percuma. Lebih irit dan ramah lingkungan. Bahkan saat eSP dan Idling Stop System berkerja (eSP + Idling Stop System) hasilnya lebih irit 63 km/liter.

Jangan fokus ke spion, fokus ke lingkaran merah aja. Itu Idling Stop System.
 
Ajib, bisa nabung dong gue saking iritnya inih motor.
Anyway, nggak perlu puter kunci ke arah off dong ya pas lampu merah, Mie?

Yoi. Seperti yang gue bilang di awal, Skuter Matic Honda emang paling pengertian. Satu lagi, jangan khawatir soal performa mesin dan aki. Karena saat Idling Stop System berkerja, performa mesin dan aki tetap optimal, gaes.

Kelima: Answer Back System

Canggih bener!
Answer Back System adalah sistem yang bekerja dengan menggunakan sinyal radio melalui remote. Saat remote ditekan—yang sudah terintegrasi dengan kunci, motor akan memberi tanda berupa suara yg dihasilkan buzzer dan kedipan dari lampu sein depan dan belakang. Sehingga pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan. Dengan fitur ini maka pengguna akan terbantu dalam mendeteksi keberadaan motor secara otomatis.

Pas banget buat yang sering lupa “markirin motor dimana” atau misal ada dua motor yang sama persis. So, nggak perlu khawatir ketuker atau kehilangan motor di tengah-tengah ratusan motor di parkiran Mall. Sante aje bro~~

Terakhir, Keenam: LED Headlight

Terang dan Hemat.

LED Headlight adalah teknologi lampu LED yang sangat hemat daya namun menghasilkan sorot lampu lebih terang. Umur pakai jauh lebih lama dan tingkat panas yang dihasilkan lebih rendah, serta tingkat pencahayaannya baik sehingga memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi. Pokoknya mantep abis.
 

Gimana? Sudah jelas? Kalau belum coba nonton video di bawah ini dulu. Kalau sudah nonton video ini tapi belum jelas juga, ya udah, besok kita ketemuan biar gue jelasin langsung. Siapa tahu kita cocok *eh.


Oke? Lanjuuuuut…

Sekarang gue akan memperkenalkan kepada kalian motor skuter matic cangggih nan kece Honda SmartTechnology yang sudah gue jelasin panjang lebar di atas. Ini dia..

New Beat
Vario 125
Vario 150
PCX

Elo juga bisa pilih warna sesuai keinginan. Coba klik aja gambar motornya untuk ceki-ceki warna favorite elo dan cuusssss beli biar makin kece. Gue mah udah kece duluan bareng Honda Vario 125 eSP.

Yuk! kece bareng gue. :D
...

Menurut gue, Om – Om penerus Kakek Soichiro Honda nggak asal ngomong soal tagline Teknologi Pintar Yang Mengerti Kebutuhan Anda”. Karena memang skuter matic Honda yang gue punya sangat mengerti kebutuhan gue. Mulai dari model motornya yang trendy abis, kualitas mesin yang super jernih, fitur-fitur canggih yang uptodate, sampai yang paling penting nih, iritnya mencapai level 63 km/liter. Sekali isi bensin full bisa pakai 2-3 hari untuk pulang-pergi kampus dan jalan-jalan bareng teman. 

Honda SmartTechnology” itu gaes, “Lebih Irit, Bertenaga, dan Ramah Lingkungan”.


Artikel ini gue ikutsertakan dalam lomba blog dari PT. Astra Honda Motor (AHM) dan BLOGdetik. Yang pengin ikutan juga, klik aja banner di bawah ini. Salam satu hati, One HEART. :)

4 komentar:

  1. wah ulasan yang manarik untuk disimak mengenai motor baru dari honda ini :)

    BalasHapus
  2. maki cucok ni ama keinginan wanita ya honda....

    BalasHapus
  3. Honda ku masih tipe yang lama, 125 R.. :D

    BalasHapus

Mohon kritik, saran, dan kasih sayangnya teman - teman :D