Minggu, 25 Agustus 2013

Pulau Sawi : Traveler ½ NEKAD

 







Kerenkan? Pulau Sawi~~~~~

Pulau Sawi adalah salah satu objek wisata keren di Kabupaten Ketapang yang belum pernah Saya kunjungi. Sama sekali beum. Pulau Sawi menyimpan sejuta keindahan, hamparan biru lautan, liukan ikan-ikan kecil yang bermain di sela terumbu karang, pasir putih nan lembut tepian pantai, lambaian dahan pohon kelapa pinggir pantai dan jembatan menuju lautan lepas yang tidak kalah menarik.



itu tuh jembatan menuju lautan, cool.

Beberapa waktu yang lalu Saya bersama keluarga berencana untuk pergi ke sana, Pulau Sawi. Pulau sawi ini terletak di Desa Mekar Sari, Dusun Sungai Tengar, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Lengkap!! Dan Saya tinggalnya di Ketapang (kotanya) yang berjarak sekitar 70 km dari Sungai Tengar. Untuk menuju Sungai Tengar kita harus melewati beberapa desa juga, dari kediaman Saya di Ketapang menuju ke Pelang, Sui Besar, Sui Bakau, Pesaguan Kiri, Pesaguan Kanan, Sui Sembilang, Sui Nanjung, Pagar Mentimun, lalu kemudian sampailah di Sungai Tengar. Perjalanan dari Ketapang menuju Sungai Tengar membutuhkan waktu sekitar 3 jam jika menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat berkecepatan sedang. Jika sudah sampai di Sungai Tengar, tepatnya di Desa Mekar Sari, Kita harus menyebrangi laut dengan menggunakan kapal nelayan setempat untuk mencapai Pulau Sawi. Perjalanan menggunakan kapal laut ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Jadi, waktu yang diperlukan untuk menuju Pulau Sawi dari kediaman rumah Saya di Ketapang adalah sekitar 4 jam.

Beberapa hari sebelum keberangkatan ke Pulau Sawi, Saya mendapatkan info di koran bulan agustus (tanggalnya lupa) bahwa keadaan jalan menuju Sungai Tengar mengalami kerusakan, berlobang-lobang gitu kayak hatinya orang yang lagi patah hati gitu, misalnya di jalan antara Pelang dan Pesaguan Kiri. Dan kerusakan terparah yaitu di jalan Sui Nanjung menuju Pagar Mentimun. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan niat Kami untuk pergi ke Pulau Sawi. Ejiyeee NEKAD traveler euy...

Keadaan jalan antara Sui Nanjung dan Pagar Mentimun ( Photo by @KetapangInfo )

Pagi itu, Minggu 11 agustus 2013, Saya bersama keluarga berangkat dengan tujuan utama ke Pulau Sawi. Sebelum ke Pulau Sawi Kami berkunjung ke rumah kerabat di Sui Besar mumpung masih dalam suasana lebaran, itung-itung sarapan juga huehehe. Setelah mengisi perut dan manjat-manjatin pohon rambutan tiba-tiba saja langit menjadi mendung, dan tidak lama kemudian turun hujan. Satu jam... dua jam... hujan mulai reda, Kami melanjutkan perjalanan kembali... ke rumah. Iya, 5 motor itu putar haluan, balik ke rumah, ke Pulau Sawinya nggak jadi karena cuaca yang masih mendung dan sudah agak siang juga. NEKAD traveler kah ini????

 Traveler ½ NEKAD putar haluan

 Akhirnya kami berencana lagi untuk pergi ke Pulau Sawi minggu depan. Tapi, karena ada suatu hal, rencana tersebut gagal lagi. Dan Saya pun bersiap untuk kembali meninggalkan rumah (bukan minggat) untuk melanjutkan kuliah. Liburannya udah. 

Beberapa hari kemudian, teman Saya menulis di twitter “Yeaaay Pulau Sawi” dan mengupload poto begini..

Kampret mereka ke Pulau Sawi duluan

Dan satu lagi dari akun twitter yang berbeda

Jadi, sampai tulisan ini nangkring di blogpun, Saya belum pernah ke Pulau Sawi. Mungkin nanti... nanti... nanti.... kalau udah dapet hadiah dari NEKAD Blog competion. Ya walaupun Saya gak nekad-nekad amat seperti ini video ini setidaknya Saya sudah berusaha. Mungkin Tuhan berkehendak lain dan mungkin juga tunggu Saya dapetin Samsung GALAXY S4 atau kamera keren Samsung GALAXY Camera dari Telkomsel NEKAD Traveler. Seiring berjalannya waktu, Saya akan belajar bagaimana caranya menjadi NEKAD Traveler yang bener-bener ((((NEKAD))))


Sekian perjalanan ke Pulau Sawi saya yang ½ NEKAD ini, semoga bisa dapet hadiah keren dan bener-bener posting soal perjalanan Saya ke Pulau Sawi yang SESUNGGGUHNYA, aminn...

Cewek unyuk pamit. Babaaaaayyyyy.....

14 komentar:

  1. hiyyyaaa, jadi pengen ke pulau Sawi

    BalasHapus
  2. Sayang jauh, di Kalimantan. Beda pulau sama gue.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaaaak ada Kevin. Kalau ke Kalimantan hubungi aja saya, vin. Jauh sih tapi sebanding kok dengan keindahan pulaunya.

      Hapus
  3. Jernih...
    Itu pulau kecil ?
    Kalo dari Pontianak berapa jam ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. kalo dari Pontianak harus ke Ketapang dulu, soal lamanya tergantung pakai apa dulu ke Ketapangnya. Kalo udah di Ketapang mah paling 3 atau 4 jam-an udah sampai di Pulau Sawi.

      Hapus
  4. nyebrang ke pulau sawi, berapa tiket kapalnye kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sewa kapal penduduk PP Rp.700rb. Enaknya pergi rombongan biar patungan. Hehe

      Hapus
  5. Ismie ongkos sampe kesana berape?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya sewa kapal di Desa Sei Tengar 700rb PP. Kalau dari Ketapang Kota ke Desa Sei Tengar tergantung pake kendaraan pribadi atau ndak.

      Hapus
  6. Haii. Aku lg diketapang pengen ke pulau sawi, km bisa jd tour guide?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diatur. Langsung hubungi saya via twitter aja di @iszzme

      Hapus

Mohon kritik, saran, dan kasih sayangnya teman - teman :D