Minggu, 14 Juli 2013

Makanan Favorite Anak Kos-an


Udah hampir 2 tahun gue ada disini di kota orang dan jauh dari rumah sendiri. Bukan karena gue kabur, tapi ini karena kewajiban, belajar. Yep kuliah.

Berhubung jauh dari rumah, gue jadi tau gimana susahnya hidup jauh dari orang tua. Dulu pulang sekolah makanan udah tersedia dan langsung makan. Sekarang pulang kuliah malah harus mampir dulu ke warung untuk beli makanan dan kadang saat akhir bulan mesti masak sendiri, saat-saat ketika uang jajan udah mulai menipis. Hemat bukan pelit. Tapi, berkat hal ini gue jadi tau cara memasak dan sedikit demi sedikit belajar menjadi pribadi yang mandiri juga.

Nah kali ini gue akan paparin sedikit tentang menu praktis yang (mungkin) dapat teman-teman coba. Hemat, cepat, tepat dan nikmat. Makanan ini adalah menu gue sehari-hari dari dua tahun yang lalu dan gue juga yakin semua anak rantauan di belantara bumi ini juga mengalami hal yang sama. Langsung aja kita simak makanan favorite para rantauers a.k.a anak kosan, anak kontrakan, dan bagi yang sudah tidak anak-anak lagi. Cekidot..

Mie Instan
Mie instan adalah pilihan utama ketika uang jajan udah mulai sakratul maut. Harga bersahabat dan gampang dimasak. Selain itu, mie instan banyak pilihan rasa. Hanya dengan Rp. 1700 kita bisa ngerasain rendang ayam yang di manipulisi menjadi bentuk keriting, mie.

Telur
Selain enak telur juga banyak mengandung protein. Ya meskipun sekarang harga telur gak sebersahabat dulu, tetapi telur masih tetap menjadi idaman para rantauers. Banyak cara untuk mengolah telur seperti telur goreng, telur rebus, telur acar, telur dadar, telur mata sapi, dll. FYI mama gue jago bikin Pizza Telur loh~

Sarden
Sarden merupakan makanan yang dikemas dalam kaleng. Praktis dan cepat saji. Cukup beli di warung, panaskan dan SANTAP. Kalau mau di kasih bawang bisa jadi tambah enak. Sarden inih menjadi selir gue ketika bosan sama Mie Instan dan Telur.

Sup Ayam
Cukup beli satu potong ayam, bukan satu ekor. Kemudian olah menjadi sup ayam. Banyakin kuah biar bisa dinikmati berhari-hari. Namanya juga hemat.

Ikan teri
Ikan teri bisa dipadukan dengan kacang tanah, cabe, gula, garam dan sedikit micin. Yep, SAMBAL IKAN TERI. Enak dan bisa tahan berhari-hari tanpa basi sedikitpun. Tapi, tutup rapat-rapat dan usahain gak ada udara yang masuk. 

Nasi goreng
Membuat nasi goreng tidaklah sulit. Yang pertama perlu disiapin adalah niat. Kemudian sediakan minyak goreng, bawang putih, garam dan kecap. Tumis bawang putih yang telah dihaluskan, masukkaan nasi putih, bubuhkan garam dan kecap secukupnya, masak hingga kering dan jadilah nasi goreng sederhana ala rantauers versi akhir bulan.

sebenarnya makanan dari bahan-bahan sederhana di atas dapat menjadi makanan ala-ala restauran gitu, tergantung dari bagaimana kita mengolahnya. Misal...


dari ini....

...bisa jadi begini

atau begini

So, berkreasilah kawan. Otak atik bahan dan temukan menu baru yang kreatif dan inovatif serta tetap hemat, cepat, tepat dan nikmat.Uye nggak? Uyeeeeeeaaaahh yak.

Sekian ocehan gue. Bagi teman-teman yang punya menu hemat, cepat, tepat dan nikmat lainnya share yuk. Thanks ;)

5 komentar:

  1. seperti kata pepatah. "tak ada ayam telur pun jadi."
    udah gue follow balik :D

    BalasHapus
  2. makanan favorit anak kos itu mantep-mantep ya kak. ada rendang, soto, kari ayam, ayam bawang. widih.

    BalasHapus
  3. yup....itu kayak nya boleh dimasukin dalam UMAK dech !!! ( Undang - undang Makanan Anak Kost) ....

    BalasHapus

Mohon kritik, saran, dan kasih sayangnya teman - teman :D