Sabtu, 22 Juni 2013

Mitos Masa Kecil

Berhubung tadi pas kuliah kita ngomongin masalah mitos zaman dulu waktu masih unyu-unyu, kayanya lucu juga kalo gue juga bahas disini. Mitos - mitos yang katanya nggak masuk akal tapi sebenarnya menurut gue disana terselip sebuah pesan yang baik. Iya apa nggak nih? Etapi tunggu dulu, sebelumnya udah pada tau kan mitos itu apaan. Mitos adalah suatu informasi yang sebenarnya salah tapi dianggap benar karena telah beredar dari generasi ke generasi.

Oke, untuk mempersingkat waktu, langsung ke intinya aja yah. Cekidot..


Nggak boleh makan pas/di depan pintu
Katanya kalo makan di depan pintu, nantinya batal dipinang. Katanya. Maksudnya gini, nanti pas lo mau di lamar, ketika mental udah siap, materi udah siap, fisik udah siap, pokoknya semua udah siap, tiba-tiba nggak jadi alias batal. Menurut gue wajar aja sih kalo nggak jadi / batal khususnya bagi seorang jomblo. Nah elo kan jomblo, pacar aja nggak punya gimana mau ngelamar/dilamar. So, bagi para jombloers waspadalah waspadaaaalaaaahhhhhhh !!!
 
Kalo yang di depan pintu begini, emang yakin batal lamaran ??
 Rasionalnya gini, kalo kita makan di depan pintu, pertama mama lo susah lewat, kedua ayah lo susah lewat, ketiga saudara lo susah lewat dan akhirnya semua orang jadi susah lewat.

Kalo makan harus di habisin
Katanya  kalo makan ga dihabisin nanti ayamnya mati. Nah lo gimana bisa coba? Menurut gue, malahan kalo makan ga dihabisin ayam lo bakalan sehat loh, cepat gemuk, kan sisa makanannya dapat dikasi ke ayam. Iya apa nggak nih?
Oke, kembali ke rasionalnya aja. Pesannya baik loh disini, artinya kita harus mensyukuri apa yang kita makan, ga boleh mensia-siakan begitu saja. Makanya kalo makan yang sewajarnya aja, ga kebanyakan dan ga kekurangan juga, tapi PAS. Kan pesan Nabi “Makanlah ketika rasa lapar datang dan berhentilah sebelum rasa kenyang datang”. Maksudnya yang wajar-wajar aja, PAS.

masih ingat pertanyaan ini "telur dulu atau ayam dulu ?"

Makan Kunang-kunang buat penerang hati (Heart)
Ada 4 syarat soal mitos ini. Pertama : Kunang-Kunang yang masih hidup, Kedua : Malem Jum’at, Ketiga : Dimakan. Jadi, dulu waktu gue masih unyu-unyu, gue pernah disuruh cari kunang-kunang pas malem jum’at terus kunang-kunangnya di makan hidup-hidup. Hidup-hidup? Tenang aja ini ga seperti yang kalian pikirkan, gue bukan Sumanto. Hal ini dilakukan buat penerang hati.
Kunang-kunang yang masih hidup lo telen, terus dia terbang masuk ke kerongkongan sampai ke organ yang lain, terus hiduplah kunang-kunang terang benderang di situ selamanya. Gitu kali ya, hihi lucu. Btw iya apa nggak nih?
Saran gue sih yang jomblo mesti coba ya, siapa tau aja hatinya jadi terang dan gak gelap-gelapan lagi.

Telen, nggak, telen, nggak, telen, nggak, ...

Kembali ke rasionalnya, sesuatu yang lo makan lewat mulut tentunya akan melewati berbagai organ-organ pencernaan. Nah pertanyaan gue heart (jantung) kan bukan organ pencernaan. Lagian kalaupun kunang-kunangnya jalan-jalan di organ pencernaan, sesampainya di lambung juga matikan. Iya kan. Ah tapi, namanya kan juga mitos bro.

Selain yang gue paparin di atas, masih banyak lagi mitos-mitos aneh tapi lucu di masa dulu, waktu gue masih unyu-unyu. Diantaranya “Nggak boleh masak sambil nyanyi”, “Kalo masak nggak boleh bunyi-bunyi trenteng-trenteng”, “Nggak boleh ngejahit di malam hari”, “Nggak boleh potong kuku di malam hari”, “Nggak boleh masuk rumah lewat jendela”, “Bersihin lidah pake ilalang supaya lancar ngomong”, “Olesin darah hijau ulat yang kecil di jari supaya tulisan jadi bagus”.

Dan tanpa gue sadari, dulu waktu masih unyu-unyu gue pernah ngelakuin hal-hal yang berkaitan dengan mitos di atas. Ya namanya juga usaha broo. Ingat !! itu dulu waktu gue masih unyu-unyu. Ya meskipun sekarang masih tetap unyu, setidaknya sedikit lebih mengerti dari yang dulu. Iya kan. Iya apa nggak niiiiihhh ?

Buat teman-teman yang memiliki cerita soal mitos-mitos dulu, sharing yuk..

2 komentar:

  1. Dulu gue ga boleh makan sambil kayang. Katanya susah buat dicerna.
    Mampir yah ke http://blognyagredy.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan sambil kayang?? Bisa jadi bisa jadi bisa jaaaadddiiiiiiiiiiiiii..
      Oke sip

      Hapus

Mohon kritik, saran, dan kasih sayangnya teman - teman :D