Selasa, 28 Oktober 2014

Lombok !! Anugerah Terindah


Jika berbicara soal keindahan alam, Indonesia adalah gudangnya. Ribuan pulau eksotis, ratusan pantai ciamik, puluhan gunung menawan, dari daratan hingga lautan, menghiasi dari ujung Sumatera sampai Papua. Dari sabang sampai merauke selalu menggugah setiap orang ingin menjelahnya. Everyone wants to travel around the most beautiful island, Indonesia. Yup. I.N.D.O.N.E.S.I.A.

Di bagian barat ada Danau Toba dan Wakatobi dengan kemahsyuran legenda dan dunia bawah lautnya. Di timur, tak mau ketinggalan Kepulauan Raja Ampat. Juga ada Derawan dan Hutan tropis di Kalimantan. Bali di selatan dan masih banyak lagi. Saking banyaknya mungkin nggak akan selesai kalau ditulis dalam sehari. Banyaknya itu melebihi penolokan cinta yang sering kalian terima. Hih.

Dari sekian banyak wisata alam yang disuguhkan Indonesia, ada satu tempat yang sangat ingin aku kunjungi. Tentunya tempat ini tak kalah indah dari Bali yang sudah mendunia dan tempat-tempat indah di Indonesia lainnya.

That is Lombok.

Sebuah pulau kecil di Nusa Tenggara Barat. Pulau ini terletak di sebelah timur Bali dan di sebelah barat Sumbawa. Dan tentunya tak kalah keren dari Bali ataupun Sumbawa. Bahkan, menurutku, dari pengamatan foto-foto traveler di timeline twitter, Lombok lebih indah, asri, nyaman, dan yang paling penting nggak serame di Bali.

Lombok sangat memikat bagi siapa saja yang melihatnya, walau hanya dibalik foto sekalipun. Pulau dengan luas 5.435 km² ini memiliki semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km dan menyimpan puluhan pantai dengan pemandangan luar biasa. Tak hanya pantai, Lombok juga tempat berdirinya Gunung Rinjani dan juga perbukitan dengan view yang menyapu lautan luas.

Sekarang, kenalan dulu yuk sama pantai-pantai di Lombok.

Pantai Kuta
Pantai Kuta berlokasi di Desa Kuta, Lombok. Iya, Lombok bukan Bali. Cukup menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Lombok Praya (BIL) dengan mengendarai kendaraan roda dua atau empat. Tapi, kalau misalnya jalan kaki, aku rasa bisa satu harian. Soalnya Lombok loh ya, penuh dengan pesona setiap meternya. Iyaaa, seharin jika itu aku.

Pantai Kuta milik Lombok ini memiliki pemandangan super awesome (udah super, awesome lagi). Pas datang kalian akan disambut deretan bukit-bukit di pinggir pantai. Juga warna laut cemiwiw hasil perpaduan gradasi biru dan hijau. Wait, cemimiw? That is high level of “AMAZING”.

Biar gak penasaran langsung lihat aja nih penampakan Pantai Kuta, Lombok.

sumber: tempatwisataid.com
sumber: tempatwisataid.com

Pantai Tanjung Aan
Tak jauh dari Pantai Kuta, ada Pantai Tanjung Aan. Tepatnya di bagian Lombok Tengah. Temanku, seorang traveler, menyebut pantai ini “Pantai Pasir Merica”. Iya, pasirnya seperti bubuk merica. Jika berjalan diatasnya tanpa alas kaki akan terasa pijatan-pijatan halus dari Mbah Pasir Merica ini. Mbah Minah tukang urut langganan ibuku kalah jago sama Sir Meri (Pasir Merica). Kalau Mbah Minah pijit telapak kaki pasti terasa geli. Nah ini kalo Sir Meri yang pijit bikin nagih. Bikin nggak mau pulang, maunya di Pantai Tanjung Aan terus.

Satu lagi yang bikin Pantai Tanjung Aan kusukai, tempat ini tak seramai di Pantai Kuta. Ayo.. say “hello” to Tanjung Aan Beach.

sumber: wego.co.id
Sir Meri. Hehe. (sumber: detiktravel)

Pantai Senggigi
Destinasi wisata dengan fasilitas terlengkap di Lombok, ya ini, nih, Pantai Senggigi. Jika di Pantai Kuta ada deretan bukit-bukit, di bibir Pantai Senggigi berjejer pohon nyiur.

Pantai Senggigi ini identik dengan keindahan alamnya terutama saat sunset. Saat pertama kali melihat, tentunya dari foto jepretan traveler, yang terlintas dipikiranku adalah lukisan masa kecil yang sering aku gambar saat TK dulu. Ada gunung, pepohonan dan setengah matahari berwarna orange dari balik gunung.

Kupikir itu hanya ada dalam khayalan saja. Ternyata eh ternyata, its so true.

Tuh kan bener. (sumber: initempatwisata)
sumber: tempatwisataid
 
Pantai Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air ( gili = pulau )
Pulau Lombok ini memiliki 3 gili. Salah satunya Gili Air. Berdasarkan peta, letak Gili Air ini paling dekat dengan Pulau Lombok. Soal tepian laut (maksudnya pantai) nggak perlu di ragukan lagi, deh. Siap-siap aja nggak pengin pulang.

sumber: baltyra
Jalan pedesaan di Gili Air. (sumber: baltyra)

Yang kedua, Gili Meno. Gili Meno ini masih sodaraan sama Gili Trawangan dan Gili Air. Gili Meno terletak di tengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air, suasananya sunyi, cocok buat merilekskan tubuh setelah berpetualang seharian di Gili Trawangan atau Gili Air.

sumber: visitlomboksumbawa
Gak mau pulang, gak mau pulang. (sumber: fastboatmurahkegili)

Lalu, Gili Trawangan adalah pulau yang sedikit lebig luas dari kedua gili di atas dan terdapat di sebelah barat laut Lombok. Untuk sampai di Gili Trawangan (dan dua gili lainnya) perlu menempuh perjalanan air, baik itu pakai kapal, perahu, atau mungkin pengin berenang sendiri? Boleh. Palingan kelelep ombak dan nggak nyampe ke tempat paling eksotik di barat laut Lombok itu.

Kenapa aku bilang eksotik? Karena perairan di Gili Trawangan ini super jernih. Jika ada kata yang menggambarkan lebih dari bening, mungkin itu lebih cocok buat Pantai Gili Trawangan. Selain itu, Gili Trawangan memiliki pesona sunset dan sunrise sekaligus. Pantainya komplit, ada yang menghadap barat dan ada juga yang menghadap timur. Jadi, pagi-pagi nongkrong di pantai timur trus sorenya di pantai barat. Ajib.
Beningnya perairan Gili Trawangan. (sumber: senapati)
Spot-spot cozy. (sumber: wikimedia)
view-nya itu loh, ya ampun. (sumber: aufasidix)

Satu lagi, di Gili Trawangan (dan dua gili lainnya) ada larangan tidak boleh menggunakan kendaraan bermotor. Jika ingin keliling pulau ini bisa menggunakan sepeda dan cidomo (semacam kereta kuda) yang disewakan oleh masyarakat sekitar Gili Trawangan. Gili Trawangan bener-bener bebas polusi, beda jauh sama hati jombloan yang penuh dengan polusi harapan.

Krik.. Krikk..

Selain pantai-pantai yang ku perkenalkan di atas, masih banyak pantai-pantai cantik lainnya di Lombok. Seperti Pantai Malimbu dengan Bukit Malimbu-nya yang memiliki pemandangan 3 Gili termahsyur berlatarbelakang sunset

Pantai Malimbu (sumber: visitlomboksumbawa)
Pink Beach Tangsi dan Pink Beach Sebui dengan pasir pantai yang berwarna pink dan kesunyian paling nyaman. Kabarnya, tak banyak yang tahu soal Pink Beach Sebui. Karena, untuk sampai di Pink Beach Sebui perlu menyebrang dengan perahu. Bayangin deh, jauh-jauh datang dari perkotaan Lombok ke Pink Beach Tangsi, pas ngelihat pasir pinknya kalian nggak mau beranjak sedikitpun. Padahal tak jauh dari situ ada satu lagi Pantai dengan pasir pink yang tak kalah menarik. Ah, I must to go there.
 
Pink Beach Tangsi (sumber: amrazing)
Pink Beach Sebui (sumber: amrazing)

Warna pasir di pink beach (sumber: caderabdul)

Ada Pantai Selong Belanak dengan gugusan bukit hijau yang begitu kontras dengan putihnya pasir dan birunya laut. Juga Pantai Mawun dengan dua bukit yang mengapitnya dan view menyapu lautan luas. Lalu Pantai Gerupuk dengan ombaknya yang menggulung syahdu. Pantai Tanjung Ringgit dengan suguhan keindahan mengalahkan Pulau Jeju di Korea Selatan. Pantai Bangko Bangko dengan fauna laut yang mengundang para pemancing mania. Kemudian Pantai Segar dengan keistimewaannya yang menyegarkan. 
 
Pantai Selong Belanak (sumber: detiktravel)
Jalan menuju Pantai Mawun (sumber: travelingtolombok)
Pantai Gerupuk (sumber: panduanwisatalombok)
Pantai Tanjung Ringgit (sumber: mixedupalready)
Pantai Bangko Bangko (sumber: wisatalombokku)
Pantai Seger (sumber: travelblog)

Dan…. Masih banyak lagi.

Selain pantai, kita juga dapat menikmati wisata alam lain seperti pegunungan, perbukitan, teluk dan air terjun. Tak hanya wisata alam, Lombok juga menyuguhkan keindahan lain seperti wisata sejarah, wisata religi dan kuliner. 

view Gunung Rinjani, Lombok. (sumber: mendakigunungrinjani)
Kolam sumber air panas (Aik Kalak) (sumber: mendakigunungrinjani)
Air Terjun Sendang Gile (sumber: panduanwisatalombok)
Air Terjun Jeruk Manis (sumber: panduanwisatalombok)
Wisata sejarah suku sasak (sumber: panduanwisatalombok)
Wisata reigi makam batu layar (sumber: panduanwisatalombok)
Beberuk Terong (sumber: panduanwisatalombok)
Sate Tanjung (sumber: panduanwisatalombok)

Dan…. 
Masih banyak lagi.

Jika suatu hari nanti pacar bertanya “Enaknya liburan dimana ya, Beb?” Tanpa berpikir panjang lebar lagi aku akan menjawab,

“LOMBOK!!! LOMBOOOOK!!”

Wait.. pacar? Iyain aja, gaes.

Ibarat martabak telor, Lombok itu paket super special istimewa . Komplit. Banyak pelajaran yang akan kita dapat disana. Mulai dari keberagaman budaya, adat istiadat, sampai keindahan alam yang membuat kita tak henti-hentinya mengucap rasa syukur atas kekayaan luar biasa yang diberikan Tuhan untuk Indonesia.

Lombok nyaman bagi siapa saja. Pergi sendiri asik, pergi bareng teman lebih asik, pergi bareng keluarga juga asik, apalagi pergi bareng pacar. Lombok itu penuh dengan spot-spot romantis, gaes. Holiday? Ya, jelas jawabannya Lombok!!

Tuh ada yang pacaran (sumber: amrazing)

Pokoknya Lombok itu anugerah terindah yang kita (Indonesia) miliki, deh.

Sebagai gadis yang sangat mencintai alam, aku sangat ingin pergi ke Lombok. Menyusuri satu persatu pantai. Menyicipi pasir-pasir dan merasakan kesegaran berenang dalam lautan biru milik Lombok. Kemudian mendaki bukit setiap pagi untuk melihat secara langsung momen terbitnya matahari dari balik Gunung Rinjani. Lalu petangnya mendaki bukit lagi, menikmati lagi  warna orange saat matahari terbenam di ufuk barat.

Mengutip pernyataan dari Alexander Thian, traveler gratisan idolaku, Lombok is a place you have to visit before you die. If there’s a place called island of heaven, then it would be Lombok.”

I absolutely agree with you, Koh.


 ***
Tulisan ini aku buat dalam rangka lomba menulis "Contest Goes To Lombok". Dan tentunya sebagai  bukti bahwa aku sangat mencintai sesuatu yang berbau alam. Semoga Tuhan mengizinkanku pergi kesana, The island of heaven, Lombok.

8 komentar:

  1. Gue baru pernah ke Pantai Kuta doang. Sisanya gue belum pernah ke sana :|

    BalasHapus
  2. Gili Trawangan, udah jadi impian sejak lama pengen kesana. Ngiri banget setiap kali liat acara traveling di tv ke tempat ini *ngumpulin duit*

    BalasHapus
  3. Kamu asli lombok ya ? sama dong kayak aku :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku bukan asli Lombok. Tapi aku adalah perempuan yang mencintai Lombok.

      Hapus
  4. Semoga suatu saat bisa ke sana yah. Ngga akan mau pulang deh. Dijamin! Hahah.. :D

    BalasHapus

Mohon kritik, saran, dan kasih sayangnya teman - teman :D